Menyelami Prospek Bisnis Kopi

Anda tertarik menggeluti bisnis baru? Kenapa tidak mencoba untuk membuka bisnis kopi? Dengan perencanaan yang matang, cara yang tepat serta kegigihan, Anda bisa menghasilkan omzet yang besar dari bisnis ini. Tidak percaya? Mari kita ulas 


Seluk Beluk Bisnis Kopi

Bisnis Kopi
Kopi merupakan minuman yang tidak pernah ada matinya. Kopi juga memunculkan penggemar-penggemar yang tak pernah bosan menikmati bahkan mengeksplor jenis kopi baru. Kopi bahkan merupakan komoditas ekspor Indonesia. Salah satu jenis kopi yang populer dan dianggap sebagai kopi terbaik adalah kopi luwak. Kopi ini memang merupakan kopi berkualitas tinggi dengan cita rasa yang khas.

Penggemar kopi di Indonesia tidak sedikit. Kopi dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan kecil dengan mengunjungi warung kopi, sampai dengan kalangan menengah ke atas yang mengunjungi kafe kopi khusus.

Anda bisa memanfaatkan kegemaran masyarakat Indonesia terhadap kopi ini dengan mendirikan bisnis kopi Anda sendiri. Anda bisa menargetkan pembeli Anda, jenis kopi yang Anda jual, harga kopi yang Anda jual, hingga menargertkan keuntungan Anda setiap bulan.

Memulai Bisnis Kopi Anda

Untuk memulai bisnis kopi, inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan:

1. Menentukan Tempat
Tempat Bisnis Kopi
Menentukan tempat untuk memulai usaha kopi Anda adalah hal yang vital. Lakukan survey lebih dahulu, lihat orang-orang yang berlalu-lalang di sekitar lokasi dan pelajari. Tempat seperti kampus maupun area bisnis yang ramai akan sangat baik bagi usaha Anda.

2. Menentukan Target Pembeli
Target Pembeli Kopi
Menentukan target pembeli adalah hal kedua yang harus Anda lakukan. Jika Anda berniat untuk berjualan di area kampus, sebaiknya pasang harga yang ramah dengan kantung mahasiswa. Namun jika bisnis Anda berlokasi di area bisnis yang ramai, pasanglah harga yang sesuai juga namun tetap ramah di kantung.

3. Penentuan Menu
Menu Coffe Kopi
Apa saja menu yang Anda jual? Jenis-jenis kopi apa sajakah yang Anda tawarkan? Variasi menu yang beragam tentunya akan menarik minat pembeli, sekaligus menawarkan menu yang tak membuat pembeli bosan.

4. Perizinan Usaha
Izin Usaha Kopi
Jika usaha kopi Anda besar, tentunya Anda harus memiliki izin usaha. Anda tentu tak mau usaha Anda termasuk ilegal karena nantinya akan banyak masalah terjadi.

5. Promosi
Promosi Bisnis Kopi 
Melakukan promosi merupakan hal yang juga vital. Promosi dari mulut ke mulut tentunya efektif, namun Anda juga harus mempromosikannya sendiri melalui sosial media maupun menyebar brosur.

6. Fasilitas Tambahan
Fasilitas Tambahan
Tawarkan fasilitas seperti free wifi, televisi, atau bahkan ruang meeting. Pelanggan tentunya akan merasa betah saat menikmati kopi di kedai Anda.

Share this

Related Posts

First